Slide Title 1

Aenean quis facilisis massa. Cras justo odio, scelerisque nec dignissim quis, cursus a odio. Duis ut dui vel purus aliquet tristique.

Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Trik Memasak Kue DADAR Gulung - ala Indonesia di Colchester, UK


Sudah punya cemilan enak di rumah UK? Kalau belum ya masaklah hehe.
Salah satu trik resep dadar gulung ini bisa menginspirasimu, walaupun sedang di negeri orang -seperti UK misalnya, untuk membuat cemilan sehat sendiri. Makanan tradisional Indonesia yang isinya kelapa dengan gula jawa ini bisa menjadi salah satu alternatif cemilanmu di rumah.

Bagaimana cara masak dadar gulung di UK?
- gula jawa pasti nggak ada
- nyari kelapa terus diparut juga nggakada, kalaupun bisa nemu kelapa, parutannya mana?
- tepung kanji

Nah, ini caranya, kita cari bahan-bahan yang mirip-mirip,karena emang susah nyari kembarannya (halah!)

Apa yang nggak ada tadi?
- Gula jawa ==> kita ganti dengan Palm sugar, tapi sebaiknya jangan banyak-banyak karena rasanya agak masam dan usahakan dicampur dengan granulated sugar (gula pasir)


- Kelapa parut ==> kita ganti dengan Desicated coconut. Oya ada beberapa macam ukuran parutan kelapanya (lembut, sedang,atau agak gede2). Nah, biar mirip dengan kelapa parut yang masih seger,desiccated coconut ini harus dimasak dulu dengan air sedikit biar lemes dan kayak kelapa parut asli yg fresh.

- tepung kanji, biasanya saya pakai tepung Refina yang bisa dibeli di toko asia/africa food

Resep kue dadar gulung isi kelapa



Bahan Kulit:
  • 250 gram tepung terigu/cap segitiga biru.
  • 1 sdm tepung kanji.
  • 300 ml santan kental.
  • ½ sdt pasta pandan/pewarna hijau.
  • 3 butir telur ayam, kocok lepas.
  • ½ sdt garam halus.

Bahan Isi:
  • 300 gram kelapa setengah tua, parut.
  • 100 gram gula merah, iris tipis.
  • 3 sdm gula pasir.
  • 50 ml air.
  • 1 lembar daun pandan, diikat.
  • ½ sdt garam halus.



Cara membuat kue dadar gulung isi kelapa
  1. Isi: Campur kelapa parut, gula pasir, garam, dan daun pandan. Kemudian, masak di atas panci hingga tekstur kelapanya mengering. Angkat, dinginkan.
  2. Kulit: Campur tepung terigu, tepung kanji, telur, pasta pandan, dan garam. Aduk rata. Selanjutnya, tuang santan kental, air perasan daun suji sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Saring.
  3. Panaskan wajan/Teflon anti lengket dengan sedikit minyak goreng/mentega.
  4. Tuangkan 1 sendok sayur adonan kulit. Balik-balik kulit hingga mendapatkan warna hijau merata. Ulang sampai adonan habis.
  5. Setelah itu, ambil satu kulit yang telah matang, beri satu sendok makan isian kelapanya.
  6. Lipat-lipat bagian sisinya kemudian gulung perlahan-lahan.
  7. Hidangkan di atas piring saji.
Beberapa tips dalam resep dadar gulung isi kelapa ini adalah kulit seharusnya tidak terlalu tebal karena ketika digulung biasanya akan pecah dan gunakan api sedang untuk memasak kulit.

Trik Membuat Telur Coklat yang Cantik di UK



Bahan/Bumbu
  • Telur ayam 8 butir, rebus hingga masak lalu kupas cangkangnya
  • Air 150 ml
  • Cabe rawit 5 buah, diutuhkan saja
  • Kecap manis 2 sendok makan
  • Minyak 1 sendok makan, untuk menumis 


Bumbu yg dihaluskan :

  • Kunyit 2 centimeter
  • Bawang merah 3 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Kencur 1 centimeter
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk / penyedap rasa (opotional)
Cara membuat TELUR Coklat - Manis
  1. Siapkan semua bahan dan bumbu resep agar prosesnya lebih mudah
  2. Rebus kembali telur yang sudah di kupas disertai dengan bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk, gula pasir, kecap manis dan teh celup.
  3. Rebus semuanya itu sampai air habis, namun selama perebusan lebih baik telur di bolak balik agar warnanya merata. Angkat
  4. Siap disajikan


Memasak Makanan MAHAL di UK - Pelecing Kangkung

Plecing kangkung merupakan masakan khas daerah Nusa Tenggara Barat. Jika anda berkunjung ke Pulau Lombok, makanan ini sangatlah terkenal. Namun untuk menikmati seporsi plecing kangkung anda tak perlu jauh-jauh ke pergi ke Lombok.

Ciri khas masakan ini terletak pada bumbu plecingnya yang berbeda dengan bumbu siram untuk sayuran pada umumnya. Jika di Pulau Jawa atau Sumatra sayuran rebus biasanya disajikan dengan bumbu siram kacang, maka untuk plecing kangkung bumbu khasnya terbuat dari campuran terasi, cabai rawit, jeruk limau, bawang putih, kemiri dan lain-lain. Yang pasti rasanya jauh lebih pedas dibandingkan bumbu pecel sejenis.

Bahan:
  • 2 ikat kangkung, potong-potong, rebus
  • 75 g tauge, seduh dengan air panas
  • 6 sdm minyak goreng, panaskan
  • 1 bh jeruk limau
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
Bumbu halus :
  • 5 bh cabai merah besar
  • 3 siung bawang merah
  • 3 bh cabai rawit
  • 5 btr kemiri, sangrai
  • 2 sdm terasi, bakar
Cara membuat
Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, kemiri, dan terasi dengan air.
Rebus kangkung hingga layu, angkat, siram dengan air dingin, dan tiriskan. Seduh tauge, siram dengan air dingin, tiriskan. Sisihkan.
Campur bumbu halus dengan garam, air jeruk, dan gula pasir, sisihkan. Panaskan minyak goreng.
Tuangkan minyak ke campuran bumbu, aduk rata. Siramkan bumbu ke atas kangkung dan tauge. Sajikan.

Memasak LOTEK di Colchester, Inggris


Lotek merupakan salah satu kuliner nusantara yang terbuat dari beberapa bahan sayur dan sambal lotek. Dalam proses pembuatannya pun sangat mudah serta bahan-bahan yang di butuhkan banyak tersedia di pasaran.

Memasak LOTEK atau Rujak Sayur di Colchester, Inggris







Bahan Lotek Spesial :
  • air matang 300 ml
  • air dari jeruk limau 2 sendok teh
  • 8 lembar daun dari jeruk purut kemudian iris hingga halus
  • kangkung 200 gr pisahkan batang dan daun, rebus kemudian tiriskan
  • kacang panjang 125 gr potng hingga ukuran 2 cm, rebus kemudian tiriskan
  • taoge, 150 buang bagian akarnya, rendam air dalam air panas, kemudian tiriskan
  • kol 150 gr iris kecil, rebus dan tiriskan
  • mentimun 150 gr, potong tipis-tipis
  • Tahu secukupnya dan potong dadu kecil.

Bumbu Halus lotek Spesial :
  • kacang tanah 200 gr kemudian goreng
  • 7 buah cabai rawit berwarna merah
  • 4 cm kencur
  • gula jawa 100 gr kemudian sisir hingga halus
  • terasi bakar 1 sendok teh
  • 2 siung bawang putih
  • gula pasir 1 sendok teh
  • garam 1 ½ sendok teh
  • air dari asam jawa 1 sendok makan

Langkah-langkah membuat lotek spesial :
  1. masukkan bumbu lotek bersama air jeruk, air matang, dan daun jeruk ke dalam wadah.
  2. Aduk terus hingga benar-benar merata.
  3. Kemudian ambil sayur rebusan, tahu dan mentimun dan tambahkan ke dalam wadah campuran pertama. Aduk sampai merata.
  4. Tuangkan sambal terasi nikmat pada lotek tersebut.
  5. Selesai, lotek spesial siap untuk di hidangkan.
  6. Kemudian taruh potongan bakwan di atasnya serta taburi bawang goreng. Sajikanlah bersama kerupuk udang.

Memasak Martabak TERANG BULAN ala Chef di Colchester, UK





Bahan-bahan untuk membuat kue terang bulan mini:
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Tepung terigu ¼ kg
  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Fermipan ½ sendok makan
  • Vanili 1 sendok teh
  • Susu kental manis putih secukupnya
  • Air secukupnya
  • Meises coklat secukupnya
  • Parutan keju secukupnya



Cara membuat / mengolah yaitu :
  1. Campurkan telur ayam, tepung terigu, gula, fermipan dan vanili, lalu di mixer hingga tercampur rata. Kemudian tutupi adonan menggunakan kain selama 30 menit
  2. Panaskan cetakan, lalu olesi dengan margarin tipis dan rata. Supaya tidak lengket.
  3. Adonan dibuka lalu masukkan baking powder, aduk rata.
  4. Tuangkan adonan kedalam cetakan yang sudah dipanaskan sampai matang.
  5. Sesudah matang, beri taburan meses atau parutan keju diatasnya,juga tambahkan susu kental manis.
  6. Kue terang bulan mini siap disajikan.

DI Inggris-UK, Bisa Masak Mie Ayam kayak di Indonesia

Setelah  membuat postingan TRIK memasak sate ayam di UK (baca di sini: http://4sempurna.blogspot.co.id/2016/08/trik-masak-sate-ayam-di-inggrisuk.html).
Sekarang saya ingin membagi cara memasak mie ayam di UK tapi rasa dan penampilannya kayak yang di Indonesia. Jadi bagi yang sedang di luar negeri dan lagi kangen masakan Indonesia, silahkan dilanjut bacanya.

Coba lihat dulu penampakan mie ayam yang saya masak sewaktu  tinggal di Colchester, dan saya beri nama Mie Ayam Avonway

Harap di-ingat, Mie ayam ini dimasaknya di Inggris. Jadi bahan dan bumbunya juga menyesuaikan yang ada disana. Tapi yang jelas kita buat dan masak semirip mungkin dengan yang di Indonesia.

Seperti contohnya :
  1. mie besar khas mie ayam -- kita ganti dengan mie spaghetti yang dimasak lebih lama
  2. selada -- kita ganti juga
Sedangkan saos tomat dan kecap bisa kita beli dari toko Filipina atau China, dan benar2 saus/kecap dari Indonesia.

Trik Masak Sate Ayam Spesial di Inggris/UK

Halah, judulnya kok agak lebay ya ,,, pake kata Trik segala, padahal cuma masak sate ayam.
Tapi tunggu, baca dulu penjelasan di postingan ini sampai selesai.


Minimal 3 ALASAN utama kenapa masak sate ayam di UK memang spesial (baca: tidak mudah)
  1. Adanya Smoke detector di seluruh jenis bangunan di UK, termasuk rumah. Ada asap yang banyak dikit aja, detector-nya udah berbunyi. Itulah kenapa orang-orang ngadain Barbecue-an di luar rumah, di kebun atau di taman.
  2. Arang susah didapetin (waktu itu), adanya yg mirip batubara.
  3. Tusuk satenya juga agak susah dicari,waktu itu adanya hanya di eBay. Kalo sekarang hampir semua supermarket sudah menyediakan tusuk sate.

Nah, sekarang saya kasih trik untuk TETAP BISA memasak sate di rumah sewa kami di UK.
  1. Untuk memasak sate ayam/sapi. Belilah daging ayam di toko halal food yang potongannya tanpa tulang. Namanya chicken fillet. Harga memang lebih mahal, yaitu £ 4 per kilogram
  2. Kemudian chicken fillet tadi kita potong seperti dadu. Jangan terlalu kecil potongannya karena akan hancur begitu kita pasang di tusuk sate.
  3. Kita tidak perlu membeli arang. Gunakan saja pan atau penggorengan yang lebar dan  datar/bukan cekung. Kalau kami dulu menggunakan grill pan
  4. Sesudah semua potongan daging ayam terpasang di tusuk sate, selanjutnya kita rendam ke dalam adonan bumbu kemudian masukan ke dalam pan yang sudah panas. Setelah sate ayam setengah matang (berubah warna dari agak pink menjadi putih) maka kita angkat dan rendam ke dalam adonan bumbu dan kecap. Masukkan lagi ke dalam pan, dibolak-balik, dan tunggu hingga matang.

Menu masakan sate ayam ini sangat ditunggu-tunggu oleh teman-teman di Colchester, UK. Alasannya karena rasa, warna, bentuk dan penyajiannya mirip banget sama yang di Indonesia, begitu kata teman-teman.
Misalkan ada acara kumpul2 warga Indonesia yg di Colchester UK, seperti pertemuan rutin bulanan, pengajian, buka puasa, dan tempatnya di rumah kami, pasti ada menu sate ayam ini yang jadi favorit, plus sambal terasi 164. Mantap !